Kamis, 16 Februari 2017

Talaga Rano Sahu.

Talaga rano adalah salah satu danau yang terletak di Halmahera Barat Kecamatan sahu. Salah satu keindahan yang diberikan oleh sang Maha Pencipta ini patut kita jaga dan lestarikan. namun sayangnya belum ada akses jalan yang baik untuk menuju ke Talaga Rano. jarak yang begitu jauh dan jalan yang penuh dengan turunan dan tanjakan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang yang ingin berpetualang di daerah ini. Banyak wistawan asing maupun lokal yang ingin berkunjung ke Talaga rano, namun karena akses jalan tidak memungkinkan membuat banyak orang belum bisa pergi ke tempat ini dengan bebas. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten Halmahera Barat. Pemerintah seharusnya memperhatikan tempat-tempat yang mempunyai lagenda atau kisah sejarah, salah satunya adalah Talaga Rano.

Minggu, 22 agustus 2016 kami Vg Grup Teras memulai perjalanan kami ke talaga rano. kami berangkat sekitar pukul 13,00 wit dengen menumpangi mobil cup yang di kendarai oleh Delon Tadjibu. ada 16 anggota Teras yang berangkat, 1 diantaranya adalah perempuan. kami membawa perlengkapan tenda, yaitu terpal, parang, piso, tali, dll, kami juga membawa kebutuhan makanan seperti ketupat, air, ikan ngafi dll.. perjalanan kami sangat seru karena ditemani oleh keindahan hutang sahu yang masih sangat hijau dan belum tersentuh oleh penebangan liar. kami memulai perjalanan dengan jalan kaki dimulai dari perkebunan orang Taba. Butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke puncak Talaga Rano.. kami sangat kelelahan karena jalan menuju puncak sangat lah terjal dan menantang. Jalan menuju puncak Talaga Rano dikelilingi oleh tumbuhan berduri yang sesekali melukai tubuh kami.

Dari puncak, keindahan Talaga Rano Mulai terlihat. Rasa lelah kamipun hilang dalam sekejap pada saat kami melihat keindahan Talaga Rano. kami serasa melihat surga yang ada di bumi. namun, kami sadar bahwa perjalanan kami belum selesai karena kami masih harus melakukan perjalanan untuk bisa tiba di talaga Rano. jarak dari puncak Talaga Rano ke Talaga Rano masih sekitar 3 kilo meter (kata Om Anus Tjiko) yang merupakan orang yang kami percaya untuk membawa kami.. pada saat perjalanan menuju ke Talaga, kami sempat hilang karena terjadinya mis komunikasi antara orang yang membawa jalan, hal tersebut sempat membuat kami bingung dan sempat hilang arah. Akan tetapi masalah tersebut bisa diselesaikan dengan segera.

Akhirnya pada pukul 17:43 kami menginjakan kaki di Talaga Rano. hal yang begitu luar biasa kami rasakan. setelah tiba, kami langsung memanjatkan doa kepada Tuhan Yesus karena sudah menuntun perjalanan kami.. kami pun langsung bergegas mendirikan tenda karena waktu sudah mulai gelap.. malam pun tiba dan kami melakukan doa serta mempersembahkan lagu untuk Tuhan Yesus. Keesokan harinya kami mulai melakukan kegiatan kami di Talaga Rano. Banyak kegiatan yang kami lakukan disana diantaranya, membuat video klip lagu, selfie-selfi, merekam lagu, lomba makan Clana dalam, dan masih banyak keseruan lain yang kami lakukan.. hal tersebut membuat kami bahagia dan membuat kami lupa semua masalah yang pernah terjadi dalam hidup ini.  Kami berada di talaga Rano selama 2 hari. Menurut kami 2 hari adalah waktu yang sangat singkat,, kami masih ingin berlama lama di Talaga Rano namun karena stok makanan mulai menipis maka kami harus pulang :Dxixixixi.

Selasa, 24 agustus 2016 kami rombongan teras bersiap untuk pulang. Kami begitu bersedih ketika hendak melangkahkan kaki untuk pulang ke Balisoan... I love Talaga Rano, begitu la kata Justen Mokalirang salah satu anggota Teras :( :( :( iiiiiiii Talaga Rano ee :(:(:( by. Charles Rano..\
Kami pun akhirnya pulang meninggalkan Talaga Rano. Kami pun membuat perjanjian bahwa suatu saat nanti kami akan kembali untuk melihat Talaga Rano dan akan membawa lebih banyak orang bersama kami..

Talaga Rano membuat kami ingat akan kebesaran dan kemurahan tuhan atas umat manusia, Talaga Rano adalah bukti bahwa kemahakuasaan Tuhan itu ada, Talaga Rano mengiatkan kami akan budaya dari para leluhur kami.. Talaga Rano Is The Best..... I love Talaga rano, We Love Talaga Rano...

By. Vg. Teras. Salam Sejathera, Salam Damai...........